Membuat Dinamo Untuk Pembangkit Listrik

on Selasa, 25 Mei 2010

Dengan semakin pesat nya teknologi tentu saja sangat tergantung dengan yang nama nya listrik, dibawah ini saya punya cara sederhana untuk membuat dinamo untuk pembangkit listrik, ya walau pun keluar listrik nya ga seberapa tetapi cukup lah buat penerangan se rumah atau dua rumah kan lumayan...

Bahan nya mudah sekali di dapat misal nya:
1. Spul bekas dari motor,
2. Kabel sepul, kabel sepul ini bisa menggunakan ukuran 05-08 tapi kalau misalkan kebutuhan nya cuma buat penerangan doank bisa menggunakan kabel sepul ukuran 04 atau 05 biar nyala nya terang. Ya kalau kebutuhan nya bukan hanya untuk penerangan doank ukuran kabel sepul nya harus lebih gede biar kuat..
3. Lakban/solasi, lakban/solasi ini sebaik nya menggunakan yang bahan dari kertas biar kalu panas ga akan meleleleh yang mengakibatkan koslet..
4. Magnet yang bentuk nya bulat, ini dianjurkan memakai 2 atau 3 magnet biar mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan lupa pula cara memasang nya harus saling tolak menolah ya..
5. Laher,
6. Membuat tempat nya, ini biasa nya bentuk nya persegi tiga atau bulat..

Cara membuatnya juga cukup mudah:
1. Sepul dibungkus dengan lakban/solasi, jangan ampe ada yg bolong ya biar kaber sepul ga nempel langsung ke sepul nya yang akan mengakibatkan koslet..
2. kabel dililitkan ke sepul yang telah dibungkus lakban intu dengan penuh, ini cara melilit nya bisa searah atau lawanan arah..
3. Sesudah itu masukan sepul k tmpat yang telah dibuat pasang dengan kuat biar tidak copot..
4. Satukan magnet dengan menggunakan as jangan lupa pula pasang laher nya ya..
5. Yang terakhir kedua ujung lilitan itu dipasang kabel panjang buat listri..

Selesai deh.. Gmn mudah kan..?

22 komentar:

redished mengatakan...

mas..maaf saya boleh minta tolong dong...
saya ingin membuat rangkaian pembangkit listrik di daerah saya dengan memanfaatkan tenaga air
saya berada di ketinggian 800mdpl
debit air pada pipa paralon 1inch-2inch sangat kencang....
listrik output yang dihasilkan saya rencanakan untuk dipergunakan utamanya untuk penerangan

mohon bimbingannya

Yudi Purnama mengatakan...

Wah ntu hrs memerlukan praktik..
tp sbnr nya gmpang..

Ahmad mengatakan...

kalau bisa dibuatkan gambar ilustrasinya donk pls... biar lebih mudah memahaminya thnaks

Ahmad mengatakan...

maksud saya gabar ilustrasi tahap proses pembuatan dan caara menggulung kawatnya tq

FDS181412 mengatakan...

wah mas gak ada videonya ya?? kalau ada upload aja mas biar mudah ngertinya . itu hanya satu dinamo saja yang digunakan?? bisa gak kalau gunakan dinamo mesin parut kelapa?

DEWA AGUNK mengatakan...

sayangnya ga da gambar detilenya...

nurul mengatakan...

coba buka yang ini bos, barangkali ada pencerahan http://www.cv-latifah.com/pembangkit-listrik-tenaga-gravitasi/

muh rozin mengatakan...

pakai dinamo sepeda ja, tp keluarnya cuman 12 volt, pakai dinamo ( magnet di Tengah ) apa aja bisa, tinggal modif, tp jangan pakai motoran ( magnet di pinggir ) keluar arusnya dc,

dian ayu mengatakan...

kacau

masaldy.dedenatan mengatakan...

itu gambar kayaknya bukan generator deh tapi motor listrik,yang paling penting adalah sumber energi yang dibutuhkan buat penggerak generator/alternator..... kalo generator mah banyak ....

diko mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
diko mengatakan...

gimana caranya tuh bisa mengeluarkan listrik dibuat sedetailnya dongggg....

fariza alvianti mengatakan...

boz maaf,ni yang namanya laher apaan ya maklum gaptek.... untuk panjang lilitannya berapa ya.... trims...

Atep Smk pp Negeri Cianjur mengatakan...

gaK ngerti gan, tolong gambar ilustrasinya biar Mantap.. :)

Yoyo mengatakan...

Kayanya mengarang bebas deh.
Ngga ada gambar buat orang bingung ngebanyanginnya. apalagi gambar yang di pajang bukan gambar asli pembuatan generator. tolong lebih serius untuk membuat artikel di blog. jangan bikin orang bingung, yang ada malah sesat.

Terima kasih

dinamo listrik mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
dinamo listrik mengatakan...

http://dinamolistrikatt.blogspot.com/

DINAMO LISTRIK (ELECTRO MOTOR)
Info: Rama Kusuma
Kawasan Multiguna Blok A No.6A Serpong
No Hp: 0858-8115-3512
Email: dinamolistrikatt@gmail.com

dinamo listrik mengatakan...

Dinamo Listrik (Electrik Motor) ATT.
Dijamin Harga & Kualitas Terbaik....

Produk Web: dinamolistrikatt.blogspot.com

Info: 0858-8115-3512

Duwi Prasetyo mengatakan...

Maaf mau nanya, kalo mkai inti coil bekas motor Fizr lalu di gulung kembali, kalo mau buat penerangan kira2 bisa gk ya? Kalo bisa berapa ukuran kwat yg di btuhkan dan harus berapa lilit supaya dapat arus 220 volt, tolog penjelasanya maz?

dinamo listrik mengatakan...

http://dinamolistrikatt.blogspot.com/

DINAMO LISTRIK (ELECTRO MOTOR)
Info: Rama Kusuma
Kawasan Multiguna Blok A No.6A Serpong
No Hp: 0858-8115-3512
Email: dinamolistrikatt@gmail.com

arie palaenga mengatakan...

makasi buat infonya. . . .
Bagimana dengan jumlah lilitannya mas. . . .?
Kalo bisa jawab di e-mailku ariepalaenga@gmail.com

Rama Kusuma mengatakan...

http://electrikmotoratt.blogspot.com

DINAMO LISTRIK (ELECTRO MOTOR)
Info: Rama Kusuma
Kawasan Multiguna Blok A No.6A Serpong
No Hp: 0858-8115-3512
Email: dinamolistrikatt@gmail.com

Poskan Komentar